Sama-sama jago Fisika

Sama-sama jago Fisika.

Suatu hari seorang siswa Klas XII IPA yang baru saja belajar efek Doppler dari gurunya , pulang ke rumah naik motor dengan kecepatan tinggi. Sampai di simpang perempatan dilihatnya lampu merah sedang menyala. Tetapi pelajar ini terus melaju menyeberang dengan kecepatan tetap tinggi.  Tak lama kemudian seorang Polisi menyalipnya dan menggiringnya hingga diaterpaksa  berhenti .

” Selamat siang ! bisa lihat surat2 anda ?” kata pak polisi.

” lho memang saya salah apa pak” jawab pelajar tadi.

” anda telah melanggar lampu merah di perempatan tadi”

” Lho saya lewat tadi lampunya bukan merah lho pak, tapi hijau pak. tapi memang bisa sperti itu pak,  menurut Efek Doppler apabila seseorang mengamati suatu obyek sambil bergerak mendekatinya, maka dapat menyebabkan frekwensi obyek yang didekatinya menjadi semakin besar. Cahaya hijau itu frekwensinya lebih besar  dari cahaya merah. Jadi menurut Doppler ketika saya melihat lampu merah tadi saya sedang bergerak mendekatinya memang bisa menjadi hijau pak polisi. Itu namanya Efek Doppler, barusan tadi saya belajar sama guru fisika saya”

ternyata pak polisi pun juga orang yang jago fisika, maka kemudian dia menjawab : ” Okelah  kalau begitu, marilah kita hitung berapa kecepatan anda supaya lampu merah menjadi terlihat hijau menurut pengamat yang mendekatinya”

Kemudian mereka berdua berdiskusi tentang Efek Doppler, mereka pun sudah menemukan berapa kecepatan pengamat agar frekwensi cahaya merah membesar menjadi terlihat hijau.

Kata pak polisi selanjutnya :

” Sudah kita temukan, ternyata agar cahaya merah berubah menjadi cahaya hijau ,  kecepatan anda harus dalam orde 10 pangkat 4 Km/jam. Anda melaju dengan kecepatan yang sangat besar. Anda tetap saya tilang,bukan karena melanggar lampu merah, tetapi karena melanggar batas kecepatan maksimum”

” sebentar pak polisi.  masih menurut Hukum Fisika yang lain yaitu hukumNewtonI atau Hukum  kelembaman, memang sebaiknya saya harus terus menyeberang jalan. Kalau saya rem , maka akan sangat membahayakan diri saya. Saya akan jatuh terlempar.  Karena semuabenda akan bersifat lembam, yaitu kecenderungan untuk mempertahankan keadaan awalnya.  Itu sesuai dengan pendapat Sir Issac Newton. ”

“Okelah , kamu tidak jadi saya tilang , karena kamu rupanya pelajar yang suka fisika”

he heheeeeeeeee

3 responses to “Sama-sama jago Fisika

  1. apik…apikkkkk….

  2. Setuju wae lah !!!

  3. pengalaman yang dialami abu, saat saat lampu merah tetap saja melaju, tetapi abu juga tak ditilang. Tahu kenapa???.
    Tahu dak ……

    Abu kan guru fisika.

Leave a comment